26 Mei 2011

PONSEL ANDROID BIKIN NOKIA SEMPOYONGAN


SISTEM operasi Android dikabarkan telah menumbangkan Symbian sebagai sistem operasi perangkat mobile terpopuler di dunia. Kabar Ini adalah tonggak penting bagi Google, karena ini merupakan sinyal bahwa Android akan mendominasi sistem opeasi ponsel sejagat, sekaligus kian menenggelamkan keistimewaan Nokia yang semula sangat dominan menguasai arena ponsel pintar.
Nokia mulai sempoyongan, dan salah satu alasannya adalah sistem operasi Symbian yang mereka pakai dianggap telah ketinggalan zaman dibandingkan Android. Jadilah konsumen hijrah ke sistem operasi Android si Robot Hijau.
Di awal peluncurannya pada 2009, penjualan ponsel ber-Android sebenarnya tak terlalu menggemparkan. Namun, pada triwulan ke-2 tahun 2010, Android mengalami kenaikan yang luar biasa, yaitu sekitar 886%. Kenaikan yang cukup memukau ini memang tidak mengherankan mengingat belakangan ini memang marak produsen ponsel besar yang menggunakan Android OS di dalamnya.
Mengapa Android?
Ponsel Android adalah ponsel yang memakai Android sebagai sistem operasinya. Android bisa dipaakai untuk bertelepon gratis antar-Skype. Sifatnya yang open source memudahkan orang untuk memodifikasinya sesuai dengan keperluan. Faktor ”Google” yang menjadi nama belakang agaknya turut menjadi penentu lajunya berkembang Android.
Dalam beberapa bulan ke depan dikabarkan sebuah vendor terkemuka akan mengeluarkan ponsel berbasis sistem operasi Android di Indonesia. Meski baru, Android disinyalir lebih aman jika dibandingkan BlackBerry yang amat populer di Indonesia. Tak pelak produsen besar seperti Samsung, Sony Ericsson, dan HTC menyatakan sinyal positif kehadiran sistem operasi open-source itu dalam perangkat kerasnya.
Mungkin inilah jawaban atas berbagai sistem operasi terdahulu yang terbukti memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan penjahat dunia maya untuk meretasnya.
Pintar
Kesuksesan Android berada di puncak tidak lepas dari smartphone pengusung OS ini yang memegang bermacam-macam fitur bagus. Di sana ada Droid X, Galaxy S sampai HTC Evo yang menarik buat konsumen.
Dukungan penuh vendor kelas atas pun amat membantu melonjakkan popularitas Android. Bahkan mungkin tanpa dukungan nama-nama seperti Samsung, Motorola dan HTC yang menyajikan ponsel berkelas, Android tidak bakal sesukses sekarang.
Kalangan korporat pun kini telah berbondong-bondong memakai Android ketimbang BlackBarry. Mengapa demikian? Alasan utamanya, Android memiliki teknologi tinggi multitasking yang bisa menjalankan berbagai aplikasi seperti browsing, sistem GPS, sensor, sistem satelit, dan notifikasi yang memungkinkan setiap ada SMS, E-mail. Bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen di ponsel Android.
Android memiliki akses yang mudah terhadap ribuan aplikasi Android gratis lewat Google Android App Market secara gratis. Sistem operasinya yang open-source membuatnya terbuka untuk dikembangkan komunitas IT, sehingga penjagaan Android akan lebih besar daripada sistem operasi lainnya.
Ponsel ber-Android kini sudah tersedia di berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Jadi, Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai yang Anda suka. (QM)

Tidak ada komentar: