24 Mei 2011

BUDI PUTRA: DIAM-DIAM KUNJUNGI UIN JAKARTA


JAKARTA – Budi Putra alias Budi salah satu blogger beken Asia, Selasa (24/05) diam-diam mengunjungi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Ditemani sang istri, Elvi Susanti yang kebetulan menjabat sebagai dosen di UIN Jakarta, ia tampak enjoy menghadapi mahasiswa dengan kostum ala anak muda, seperti yang sering dikenakan Sahkru Khan dalam film “Kal Ho Naho” dengan dada terbuka.
Para pecinta teknologi dan blogger Indonesia mungkin akan bertanya-tanya, apa gerangan yang dilakukan jurnalis teknologi tersebut ke UIN Jakarta? Mungkinkah cuma sekadar menemani istrinya yang tercinta? Atau dia punya bisnis baru?
Berdasarkan informasi yang penulis himpun dari salah seorang mahasiswa, Durrah Nafisah. “Pak Budi datang pagi-pagi sekali sebelum pukul 07.30 WIB. Tujuannya ke sini untuk mengajar kami tentang blog.”
“Awalnya saya sempat kaget. Koq, Bu Elvi bawa cowok ke kelas. Kalau istrinya itu kan, memang ada jadwal ngajar di kelas kami. Setelah perkenalan saya baru tahu, rupanya itu Pak Budi yang sering ia ceritakan sebelumnya.” Ia melanjutkan.
Budi Putra, pria gagah kelahiran 1972 yang baru-baru ini dikabarkan mengundurkan diri dari perusahan Yahoo! ini memang punya niat baik untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang menulis dan blog kepada mahasiswa UIN Jakarta secara gratis, khususnya mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Budi menjelaskan bahwa, masyarakat Indonesia saat ini masih sangat jauh dari tradisi membaca dan menulis. “Kita sudah kalah jauh dari Singapura, kalah jauh dari Malaysia. Karya-karya mereka sudah menyebar ke Amerika dan Eropa. Sedangkan kita, tidak ada yang bisa dibanggakan.”
“Pernah suatu ketika saya menemukan Karya Pramudya di salah satu bandara di luar negeri, pada awalnya saya bangga, namun ketika saya lihat itu karya terjemahan ya saya tidak jadi bangga.” pungkasnya.
Ia juga menjelaskan tentang seluk-beluk blog, tujuan blog, jenis-jenis blog, cara nge-blog, bagaimana merawat mutu blog, hingga membongkar bagaimana kunci memperoleh income melalui blog. “Kuncinya cuma satu dalam mengelola blog, yaitu disiplin dengan konten dan disiplin menjaga mutu blog, agar pembaca Anda tidak lari. Itu saja yang Anda pegang, dijamin konten Anda yang bermutu itu akan mendatangkan banyak orang akan menitipkan iklan di blog Anda.”
“Di blog saya itu ada iklan yang bayarannya 5 juta per minggu. Jadi blog itu seperti warung, warung yang tidak harus dijaga. Anda ongkang-ongkang kaki saja uang bisa datang sendiri.” jelasnya sambil tertawa.
Pertemuan selama dua jam itu rupanya benar-benar digunakan oleh mahasiswa PBSI 8 B untuk banyak bertanya. Salah satunya Qin Mahdy yang terlihat sangat antusias memuntahkan seluruh kegelisahannya di ruangan itu. Ketika ditanya balik oleh Budi soal jawabannya, ia pun puas.
”Menjadi blogger itu gampang, namun berhentinya susah.” demikian kelakarnya saat menutup pertemuan singkat itu. (QM)

Tidak ada komentar: