30 Juli 2012

PARANORMAN, FILM ZOMBIE UNTUK KELUARGA


Judul Film               : Paranorman
Jenis Film               : Comedy, Adventure, Animation
Pemain                   : Casey Affleck, Tempestt Bledsoe, Jeff Garlin,
                               John Goodman, Bernard Hill
Sutradara               : Sam Fell, Chris Butler
Tanggal Tayang      : 17 Agustus 2012
Distributor              : Focus Features

          Film animasi asal Hollywood kini tampaknya makin bervariasi, tidak selamanya mengandalkan tema komedi dengan karakter lucu ala Madagascar atau Ice Age, tapi tema komedi-horor kini makin gencar digarap. Salah satunya yang akan hadir tahun ini si jenius Paranorman.
          ParaNorman adalah film animasi 3D kedua dari Laika dan Focus Features setelah sebelumnya sukses dengan film animasi Coraline (2009) yang meraih nominasi Oscar sebagai film animasi terbaik. Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Norman Babcock (Smit-McPhee) hidup di sebuah kota yang terkutut selama berabad-abad. Dari sekian banyak penduduk kota, cuma Norman yang memiliki kemampuan bisa melihat dan berbicara dengan hantu.
          Suatu ketika kota tempat Norman tinggal ‘diserbu’ oleh sekawanan Zombie akibat mendapat ‘undangan’ dari Norman. Masyarakat jadi ketakutan, hingga korban pun berjatuhan di rumah-rumah penduduk. Sementara di lain sisi Norman bersama para sahabatnya harus mencari cara dan menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk menyelamatkan penduduk Kota dari ancaman zombie.
          Zombie memang dikenal sebagai makhluk mati yang hidup kembali dan berperilaku kanibal. Banyak film yang mengambil tema zombie. Namun, film ParaNorman sendiri merupakan film animasi yang mencoba menggabungkan film komedi dan horror. Tak pelak sang pembuat film mendeklarasikan ParaNorman adalah film zombie untuk anak-anak.
Promosi besar-besaran
          Berbeda dengan beberapa kampanye viral yang dilakukan oleh film-film lain, film ciamik besutan sutradara Chris Butler dan Sam Fell ini justru meluncurkan kampanye viral nasionalnya dengan menyebarkan poster di berbagai tempat di Amerika Serikat dan bebrapa atraksi zombie anak-anak hingga dewasa memenuhi jalanan di sekitar San Diego Convention Center, banyak warga yang terhibur, senang, ada pula yang terkejut.
          Bila dilihat dari SDCC, respon yang didapat dari panel ParaNorman cukup positif. ParaNorman dirilis relatif tanpa saingan dari film anak-anak yang lain. Nampaknya ia akan melenggang cukup mulus di akhir Agustus.
          Untuk Anda yang ingin dihantui oleh zombie, silakan datangi bioskop terdekat, setelah usai upacara kemerdekaan RI 17 Agustus 2012 mendatang! 

Tidak ada komentar: