29 Juni 2009

ORANG BIASA MENGUBAH DUNIA


Judul Buku : Karakter-karakter yang Menggugah Dunia

Penulis : John McCain dan Mark Salter

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : 1, 2009

Tebal : 435 Halaman

Harga : Rp 75.000,


Resensi Oleh: Almuttaqin/Qin Mahdy
Koran Jakarta, Senin 27 Mei 2009



Tak mungkin pernah terpikirkan oleh akal sehat kita akan keistimewaan dari sosok manusia yang satu ini. Osela McCarty, seorang perempuan tua, miskin, pekerjaan kesehariannya adalah menjadi buruh cuci di kota Hattiesburg. Rumahnya kecil, tak ada barang-barang mewah di dalamnya dan tanpa alat pendingin. Namun, di balik kesedarhanaannya ternyata perempuan ini memiliki hati yang luar biasa besar terhadap dunia. Ia telah meruntuhkan pemikiran-pemikiran kolot sebagian besar manusia yang menganggap bahwa kebahagiaan hidup terletak pada kelimpangan harta dan bertumpuknya materi. Karena pada akhir hidupnya Osela adalah orang yang paling kaya di kotanya, dan ia mendedikasikan seluruh uang tabungan hasil ia mencuci sebanyak 250.000 Dollar untuk beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu di Universitas Mississippi Selatan.

Tak ayal, kebaikan sederhana dari perempuan yang memiliki sifat pemalu ini telah menggugah nurani banyak orang di dunia, termasuk presiden Clinton, PBB dan Universitas Harvard memberinya gelar kehormatan. Tak ketinggalan media Amerika seperti New York Time, Life, People dan media ternama lainnya menyambut antusias berita yang menggugah ini dengan mencantumkan Osela di halaman depan sebagai penghormatan. Kenapa tidak? Ketika banyak manusia sibuk menimbun harta dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, mengonsumsinya dengan rakus, mengumpulkan barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Namun, Osela hanya mengatakan bahwa “Kebahagiaan itu bukanlah komoditas berlabel harga” (hlm 260). Tapi kelapangan jiwa untuk menerima segala pemberian Tuhan adalah sebuah pilihan yang sangat tepat. Karena hidup hanyalah sebuah jalan untuk menuju masa yang sangat panjang, dimana kebahagiaan itu terletak di sana, dan orang-orang yang mampu memberikan kebahagiaan kepada orang lain lah yang akan mendapatkannya.

Inilah buku yang berjudul Karakter-karakter yang Menggugah Dunia, yang ditulis oleh John McCain, senator terkemuka Amerika yang terkenal pantang menyerah dan produktif menulis dengan Mark Salter. Buku ini mengisahkan 34 orang yang menurut mereka pantas diteladani. Siapapun orangnya – tidak pandang bulu - , seperti buruh cuci pakaian yang akhir hidupnya mampu menyediakan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, kemudian ibu rumahtangga yang terjun ke dunia politik dikala bangsa membutuhkan perannya, atau anak cacat yang mampu meraih 3 medali emas pada suatu ajang olimpiade.

Buku ini sarat dengan pengajaran, ditulis dengan emosi yang akan membuat nafas pembaca menjadi tertahan. Sebab, karakter-karakter pribadi yang ditampilkan dalam masing-masing sub cerita ini benar-benar sangat mengesankan, pilihan itu diambil dengan jeli oleh penulis, mewakili banyak unsur, antara lain tentang kepribadian manusia, kehormatan, kekuatan, tujuan hidup, penilaian, kreatifitas dan cinta.

Tidak ada komentar: